Sabtu, Juli 10, 2010

Klub Rotary Ramallah, Palestina

Pilih Bahasa: English

Presiden John Kenny (kiri) menyerahkan sebuah sertifikat piagam untuk Nader Dajani, presiden Rotary Club Ramallah, Palestina, pada tanggal 30 Mei. Foto milik Rotary Club Rotary International Ramallah di Facebook
Lebih dari 150 Rotarian dan tamu, termasuk Presiden John Kenny RI dan Direktur RI Phil Silvers, berkumpul pada tanggal 30 Mei untuk merayakan piagam dari Rotary Club Ramallah, klub pertama di Palestina dalam tiga dekade.

Klub baru, diakui oleh Dewan RI pada tanggal 18 Mei, menambahkan lokasi lain ke peta Rotary, yang mencakup lebih dari 200 negara dan wilayah geografis. klub ini ada dalam Distrik 2450, yang mencakup bagian dari Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa.

Klub Ramallah terakhirkali diresmikan pada tahun 1980.

" Pembentukan klub Rotary yang baru selalu merupakan kesempatan untuk perayaan," kata Kenny di Ramallah. "Ini berarti bahwa satu komunitas yang lebih di dunia kita akan mendapatkan keuntungan dari jasa Rotary."

Selama dua hari berikutnya, Kenny dan Silvers juga menghadiri acara untuk menghormati klub-klub Rotary yang baru di Gedera Habiluim, Israel, dan bani Amon Amman, Yordania.

Club charter

Di antara para tamu di tiga perayaan itu Ted Beckett dan Jeffrey Behr, anggota Rotary Club of Colorado Springs, Colorado, Amerika Serikat, yang mensponsori piagam klub Ramallah dan Rotary Club-Petra Amman, Yordania.

Beckett, ketua Pusat Lingkungan Diplomasi, menanyakan perihal Rotary Ramallah setelah menghadiri pertemuan klub di Yordania pada bulan Januari 2009.
Pada bulan Februari, Behr, direktur eksekutif pusat, telah mulai merekrut sekelompok Rotarian untuk memfasilitasi pembentukan klub baru. Shawwa Hashem, dari klub Amman-Petra, dibantu oleh beberapa klinik terkemuka di Rotary untuk anggota yang potensial.

Silvers terlibat dalam upaya piagam setelah klub Colorado Springs meminta bantuannya. Dia menghabiskan lima hari di Ramallah November lalu untuk melakukan sesi pelatihan dengan anggota klub potensial. Dia juga bertemu dengan Rotary Club Yerusalem dan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad.

"Para anggota klub Ramallah memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang menjadi tanggung jawab dari Rotarian dan klub mereka," ujar Silvers. "Mereka memiliki visi positif tentang Rotary di komunitas Ramallah."

Silvers dan Uri Zeiger, Gubernur Distrik 2490, dan presiden klub Yerusalem, Mark Zober membantu membangun klub baru.

Pengakuan atas klub Ramallah merupakan upaya sebelumnya oleh Yordania Rotarian, Distrik 2490, dan Rotary Club dari Nazaret, Israel, untuk mendirikan klub Palestina.

Memulai layanan diatas kepentingan pribadi

34 anggota baru dari klub Ramallah mengadakan pertemuan pertama mereka secara resmi pada tanggal 25 Mei dan telah memulai proyek, termasuk sebuah bank pakaian musim dingin. Anggota juga bekerja dengan Club dalam Distrik 2450 untuk mengembangkan taman komunitas, termasuk anak-anak.

"Tema kami adalah 'Masa Depan Palestina ada di tangan anak-anak,'" kata presiden klub Ramallah Nader Dajani, yang menjadi presiden klub Yerusalem pada 1944-1945.
Pusat Lingkungan Diplomasi akan membantu klub mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, Behr mengatakan. "Saya optimis dan berharap untuk klub Israel dapat bermitra dengan klub Ramallah dan klub-klub lain di seluruh Timur Tengah pada Rotary Foundation Matching Grants, melalui Persahabatan, dan upaya kolaboratif lainnya," kata Zober.

Klub Ramallah akan mensponsori penambahan klub Palestina di tahun mendatang, kata Dajani.

Sumber: charter Rotary klub Palestina - Dengan Peter Schmidtke, Photo dari Rotary Club Rotary International Ramallah pada FAC, 20 Juni 2010

  © Rotary Club of Bandar Lampung by efrizal. Call (0721) 256497